Like Fans Page Kami ,Terimakasih :)

1/13/2012

10 Kebiasaan yang membuat Anda Lebih Sehat


1. Bangun pagi, selarut apapun tidurnya.
Alasan medis:
Pagi sebelum terik merupakan saat tanaman memproduksi oksigen sebanyak-banyaknya, dan itu baik bagi kesehatan. Riset juga membuktikan bahwa melihat warna hijau dpt menyehatkan mata dan menurunkan emosi.
2. Mengonsumsi telur di pagi hari agar siang tidak terlalu banyak makan.
Terserah sarapannya apa aja, usahakan digabung dengan telur.
Protein pada telur membantu pembakaran lemak, sehingga saat makan siang kita tak begitu banyak makan disebabkan tubuh cukup mencerna nutrisi dari lemak. Jadinya klo kita kerja nggak ngantuk karena kebnyakan makan. Cocok buat org yang diet.
3. Minum kopi/teh setiap pagi.
Kopi/teh mengandung kafein yg dapat meningkatkan kerja jantung, sehingga peredaran darah lancar dan kita merasa segar untuk memulai aktivitas. Takut minum kopi krn sakit jantung? bisa diganti teh hangat.
4. Jangan mandi setelah makan.
Pernah nggak ngerasain perut eneg sehabis mandi? Biasanya sering terjadi dengan orang yang buru2-buru berangkat kerja/sekolah karena takut telat. Hal itu terjadi karena jarak mandi setelah makan sangat cepat. Lebih baik menunggu 30 menit dulu atau makan setelah mandi.

Mandi membuat darah menyebar ke seluruh tubuh (salah satu penyebab mengapa kita merasa segar setelah mandi), sehingga darah tidak terkonsentrasi di lambung dan usus (mereka memerlukan darah untuk pencernaan), akibatnya pencernaan terhambat.
5. BAB tidak teratur? Lancarkan dengan olahraga kaki.
Pernah ga BAB padahal udah bnyk makan sayur? Cobalah olahraga ringan yg memusatkan kekuatan tungkai seperti jalan kaki, bersepeda, naik turun tangga, dsb. cukup 10 mnt.

Bergerak membuat peredaran darah lancar, sehingga pencernaan juga lebih cepat. Sebenarnya olahraga apapun boleh, namun lebih efektif kalau olahraga kaki.
6. Minum air min 3.5 liter sehari.
Hawa perkotaan yang makin panas serta pekerjaan yang makin sibuk membuat keringat keluar lebih deras, dan dapat memicu dehidrasi. Jangan melalaikan minum air hanya karena malas ke kamar kecil. Air juga melancarkan BAB karena dapat melunakkan fases.
7. Cek kadar cairan tubuh lewat urine.
Urine yang sehat berwarna kuning mendekati bening dan hampir tidak berbusa. Busa pada urine menandakan kadar keasaman urin. Bila banyak busa, berarti urin terlalu bersifat basa. Dapat kita netralkan dgn perbanyak air minum. Bila berwarna kuning, berarti kandungan bilirubin lebih banyak daripada air. Dinetralkan pula lewat air.
8. Teh tawar panas, penetralisir segala makanan.
Setelah makan makanan berpengawet, bersantan, atau berlemak tinggi, beberapa orang biasanya akan merasa mual dan tidak enak. Setelah minum teh panas tawar, rasa tidak enak akan lumayan berkurang.

Kandungan zat tannin dalam teh diteliti dapat menetralisir kandungan-kandungan lemak dan kolesterol. Jangan diberi gula, karena malah akan menambah mual dan diabetes.
9. Hilangkan bad mood dan stres dengan gandum atau bayam.
Merasa stres karena beban pekerjaan? Coba konsumsi berbagai produk gandum seperti oatmeal atau roti gandum sebagai makanan pokok, atau konsumsi bayam sebagai menu makan siang.

Zat besi yg terkandung pada gandum atau bayam meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Makin bnyk hemglobin, makin banyak oksgen yang diterima. Hal ini akan brpngaruh terhadap kinerja otak, yg nantinya akan meningkat dan membuat bad mood hilang.
10. Sikat gigi 1 jam sebelum tidur.
Targetkan dulu kita akan tidur jam berapa, lalu sebelum tidur kita sikat gigi.Selain membersihkan rongga mulut, sikat gigi juga menghilangkan hasrat ngemil di malam hari bagi yang ingin diet.
Posting Komentar